Sejarah Gitar dan Perkembanganyya

Sejarah Gitar - Gitar , mencabut alat musik petik yang mungkin berasalSpanyol di awal abad ke-16, berasal dari latina guitarra , instrumen akhir abad pertengahan dengan tubuh berpilin dan empat senar. Gitar awal lebih sempit dan lebih dalam dari gitar modern, dengan pinggang yang kurang menonjol. Itu terkait erat dengan vihuela , instrumen berbentuk gitar dimainkan di Spanyol di tempat kecapi .

Awalnya gitar memiliki empat rangkaian senar, tiga dobel, singel utama, yang berlari dari pegbox mirip biola ke jembatan ketegangan yang menempel ke papan suara , atau perut; jembatan demikian menopang tarikan langsung dari senar. Di dalam perut ada lubang suara melingkar, sering dihiasi dengan mawar kayu berukir. Gitar abad ke-16 disetel C – F – A – D ′, tuning dari empat pusat kursus kecapi dan vihuela .

Dari 16 hingga abad ke-19 beberapa perubahan terjadi pada instrumen. String kelima ditambahkan sebelum 1600; pada akhir abad ke-18, kursus keenam ditambahkan. Sebelum 1800 program ganda digantikan oleh string tunggal yang disetel E – A – D – G – B – E ′, masih merupakan penyeteman standar. Jenis pegbox biola diganti sekitar 1600 oleh kepala datar, sedikit refleks dengan pasak tuning belakang; pada abad ke 19, sekrup logam diganti untuk pasak tuning.

Fret-fret usus yang diikat sebelumnya digantikan oleh gading atau fret logam yang tertanam di abad ke-18. The fingerboard awalnya siram dengan dan berakhir di perut, dan beberapa frets logam atau gading ditempatkan langsung di perut. Pada abad ke-19, fingerboard diangkat sedikit di atas tingkat perut dan meluas ke tepi lubang suara.

Pada abad ke 19 tubuh gitar juga mengalami perubahan yang menghasilkan kemerduan yang meningkat. Ini menjadi lebih luas dan lebih dangkal, dengan papan suara yang sangat tipis. Secara internal, batang melintang yang memperkuat papan suara digantikan oleh batang radial yang menyebar di bawah lubang suara. Leher, yang sebelumnya dibentuk menjadi balok kayu, dibentuk menjadi penjepit, atau sepatu, yang memproyeksikan jarak pendek di dalam tubuh dan direkatkan ke belakang; ini memberi stabilitas ekstra terhadap tarikan tali.

Inovasi abad ke-19 sebagian besar adalah karya Antonio Torres. Instrumen yang dihasilkan adalahgitar klasik, yang dirangkai dengan tiga tali pusar dan tiga senar sutra logam. Nilon atau plastik lainnya kemudian digunakan sebagai pengganti usus. Di antara berbagai bentuk gitar adalah gitar 12 senar, atau ganda, gitar, dan jarana Meksiko dan charango Amerika Selatan , keduanya gitar kecil lima-kursus.

Gitar-gitar berbentuk lira sangat modis di ruang-ruang gambar abad ke-19. Bentuk-bentuk gitar lainnya termasuk gitar metal-strung dimainkan dengan plectrum dalam musik rakyat dan populer; yang cello gitar, dengan jembatan biola-jenis dan tailpiece; Hawaiian, atau baja, gitar, di mana senarnya dihentikan oleh tekanan batang logam, menghasilkan nada meluncur yang manis; dan gitar listrik, di mana suara dan nada instrumen bergantung hampir sepenuhnya pada deteksi elektronik dan penguatan senar getarnya.

Musik gitar dari abad 16 hingga 18 dicantumkan baik dalam tablature (menunjukkan posisi jari-jari pada fret dan senar yang akan dipetik) atau dalam sistem simbol akor alfabet . Tablatur gitar Jazz menampilkan simbol chord pada grid yang mewakili string dan fret. Gitar semakin populer selama abad ke-17 karena kecapi dan vihuela menurun. Itu tetap menjadi instrumen amatir dari abad ke-17 hingga awal abad ke-19.

Beberapa gitaris virtuoso, bagaimanapun, menjadi terkenal di Eropa, di antaranya Gaspar Sanz (berkembang 1674), Robert de Visée ( sekitar 1650–1725), Fernando Sor (1778–1839), dan Joseph Kaspar Mertz (1806–56). Teknik gitar klasik modern berutang banyak pada pembalap Spanyol Francisco Tárrega (1852–1909), yang transkripsi karya-karyanya oleh Bach , Mozart , dan komposer lain membentuk dasar dari repertoar konser.

Pada abad ke-20, Andrés Segovia memberikan keunggulan gitar lebih jauh sebagai instrumen konser, dan komposer seperti Heitor Villa-Lobos dan Manuel de Falla menulis karya serius untuknya; yang lain (misalnya, Pierre Boulez ) mencetak gol untuk gitar di ansambel kamar. Gitar dimainkan secara luas oleh rakyat dan musik populer banyak negara.

Dalam ensambel jazz itu adalah bagian dari bagian irama dan kadang-kadang dimainkan sebagai instrumen solo. Dalam musik populer gitar biasanya diperkuat, dan ensemble sering menyertakan lebih dari satu instrumen, gitar "lead" untuk solo, yang lain untuk irama, dan gitar "bass" untuk memainkan garis bass .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Prosedur Operasi Agar Ditanggung BPJS Kesehatan

Digital Piano Terebaik Untuk Pemula